PERBEDAAN KONSEP PENJUALAN DENGAN PEMASARAN

PERBEDAAN KONSEP PENJUALAN DENGAN PEMASARAN
Levitt,  Theodore, 1980. The Marketing  Mode, York : Mc Graw-Hill, menarik suatu kontras perspektif :
Konsep Penjualan menfokuskan pada kebutuhan penjual. Karena itu penjualan sibuk  dengan  kebutuhan  penjual   untuk mengubah produk/jasanya  menjadi  cash atau   uang kontan.
Konsep Pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran  memuaskan kebutuhan  pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang   berhubungan   dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya

Pemasaran adalah    fungsi    bisnis    yang mengidentifikasikan kebutuhan  dan  keinginan  yang belum terpenuhi,   mendefinisikan   dan mengukur besarnya, menentukan  pasar  sasaran  mana  yang paling  baik yang  dapat   dilayani,   menentukan produk/jasa dan program – program yang sesuai untuk melayani   pasar  (Kotler,  2003).

Perubahan  pemasaran dari orientasi  produk  ke pola  pemasaran yang berorientasi pasar  dewasa  ini menjadikan   persaingan  semakin kompetitif. Oleh karenanya untuk berhasil sesuatu perusahaan didalam persaingan disyarakatkan  harus  menciptakan  nilai tambah  bagi  para  konsumen  serta memperhatikan kebutuhan dan ekspektasi mereka (Band, 1991).


KEGAGALAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN
1.Kesenjangan   Antara   Harapan   Pelanggan   dan Pandangan  Manajemen. 2.Kesenjangan   Antara  Pandangan  Manajemen   dan Spesifikasi Mutu Pelayanan.  
3.Kesenjangan Antara Spesifikasi Mutu Pelayanan dan   Sajian  Pelayanan. 4.Kesenjangan   Antara  Penyajian  Pelayanan   dan Komunikasi  Eksternal.
5.Kesenjangan Antara Pelayanan yang Dirasakan  dan Pelayanan yang Diharapkan.

Kegagalan lainnya adalah kurangnya kemauan untuk meningkatkan efisien/penghematan sehingga dapat menerapkan mutu gratis bagi  konsumen. Artinya perusahaan  harus  selalu mengupayakan  nilai tambah pada konsumen/ pemakai  produk/jasa   tanpa   harus menimbulkan biaya  tambahan. Dengan  cara  demikian maka  pelayanan  akan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

I. KERANGKA & PROSES PEMASARAN

1.     1. Memahami misi organisasi dan peran pemasaran dalam memenuhi misi

tersebut.

2. 2. Menyusun sasaran pemasaran.

3. 3. Mengumpulkan, menganalisis, dan mmengartikan informasi tentang situasi

organisasi, termasuk SWOT dalam suatu lingkungan.

4. 4. Pengembangan suatu strategi pemasaran melalui keputusan secara benar

tentang kebutuhan mana dan siapa yang akan dipenuhi oleh organisasi

(target pasar).

5. 5. Mengimplementasikan strategi pemasaran.

6. 6. Mendesain pengukuran kinerja.

7. 7. Secara periodik melakukan evaluasi upaya pemasaran, dan membuat perubahan

jika diperlukan

Source : Lamb, C.W., Joseph F. Hair, Carl Mc. Daniel. Marketing. Singapore : South-Western College Publishing, 2000 : 19)

PELUANG PASAR

A.Sistem Informasi Pemasaran dan Penelitian Pemasaran

B.Analisa Lingkungan Pemasaran

C.Menganalisa Pasar Konsumen dan Perilaku Membeli

D.Analisa Pasar Bisnis dan Perilaku Pembeli Organisasi

E.Menganalisa Pesaing

A.Sistem Informasi Pemasaran dan Penelitian Pemasaran

1.Sistem Pencatatan Internal :

a.Sistem Pemesanan – Pengiriman – Penagihan

b.Sistem Laporan Penjualan

c.Sistem Pelaporan yang Berorientasi pada Pemakai

d.Sistem Intelijen Pemasaran (Marketing Inteligence System)

2.Sistem Penelitian Pemasaran

a.Pemasok untuk Penelitian Pemasaran

b.Jangkauan Penelitian Pemasaran

c.Proses Penelitian Pemasaran

d.Karakteristik Penelitian Pemasaran yang Baik

e.Penggunaan Penelitian Pemasaran oleh Manajemen

B.Analisa Lingkungan Pemasaran

1.Pelaku dalam Lingkungan Mikro

a.Perusahaan

b.Pemasok

c.Perantara Pemasaran

d.Pelanggan

e.Pesaing

f.Publik/Masyarakat

2.Kekuatan dalam Lingkungan Makro Perusahaan

a.Lingkungan Demografi

b.Lingkungan Ekonomi

c.Lingkungan Alam

3.Peran Pemerintah yang Berubah dalam Perlindungan Lingkungan

a.Lingkungan Teknologi

b.Lingkungan Politik

c.Lingkungan Alam

C.Menganalisa Pasar Konsumen dan Perilaku Pembeli

1.Faktor Utama yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

a.Faktor Kebudayaan

b.Faktor Sosial

c.Faktor Pribadi

d.Faktor Psikologis

2.Proses Keputusan Membeli

a.Peranan dalam Pembelian

b.Jenis – jenis Perilaku Membeli

c.Meneliti Proses Keputusan Membeli

d.Tahap – tahap dalam Proses Keputusan Membeli

D.Analisa Pasar Bisnis dan Perilaku Pembeli Organisasi

1.Pasar Industri

a.Siapa yang Berada dalam pasar Industri ?

b.Keputusan Pembelian Apa yang Dibuat oleh Pembeli Industri ?

c.Siapa yang Berperan dalam Proses Pembelian Industri ?

d.Apakah Pengaruh yang Paling Penting terhadap Pembeli Industri ?

e.Bagaimana Pembeli Industri Membuat Keputusan Pembelian Mereka ?

2.Pasar Penjual Kembali

a.Siapakah yang Ada dalam Pasar Penjual Kembali ?

b.Keputusan Membeli Apakah yang Dibuat Penjual Kembali ?

c.Siapakah yang Berperan dalam Proses Pembelian Penjual Kembali ?

d.Apakah yang Merupakan Pengaruh Utama pada Pembeli Penjual Kembali ?

e.Bagaimana Penjual Kembali Membuat Keputusan Pembeliannya ?

3.Pasar Pemerintah

a.Siapakah yang Berada dalam Pasar Pemerintah ?

b.Keputusan Pembelian apakah yang Dibuat Pemerintah ?

c.Siapakah yang Berperan dalam Proses Pembelian yang Dilakukan Pemerintah ?

d. Apakah yang Merupakan Pengaruh Penting terhadap Pembeli Pemerintah ?

e.Bagaimana Pembeli Pemerintah Membuat Keputusan Pembelian Mereka ?

E.Menganalisa Pesaing

1.Mengidentifikasi Strategi Pesaing

2.Menentukan Tujuan Pesaing

3.Memeriksa Kekuatan dan Kelemahan Pesaing

4.Memperkirakan Pola Reaksi Pesaing

5.Merancang Sistem Intelijensi Persaingan

6.Memilih Pesaing untuk Diserang dan Dihindari

7.Menyeimbangkan Orientasi Pelanggan dan Pesaing

About these ads

6 Tanggapan

  1. Makasi, dah + pengetahuan saya,
    Tapi kok perbedaan pembeli dg pelanggan tu pa yak?
    Truz klo dr sudut pmsaran, produk bermutu kyk pa yak?
    Truz bagaimana ciri2 perilaku konsumen stlh membeli produk bermutu tsb?
    Maaf, saya br bljr dkt sih…

  2. @Ndut

    Perbedaan Pembeli dengan pelanggan:

    Pelanggan” ditafsirkan menjadi dua pengertian yaitu dalam arti luas dan dalam arti sempit. Dalam arti luas, pelanggan diartikan semua pihak yang mempunyai hubungan kerja dengan bisnis kita, atau semua pihak yang terkait dalam proses produksi seperti ; supplier bahan baku, penyandang dana (pemilik perusahaan, kreditor, investor, perbankan, dll) , distributor/agen pemasar/penyalur, sebagai jembatan atau perantara agar produk tiba ditangan “end-user”, para pekerja dan orang-orang lain yang terlibat dalam proses produksi, para pesaing/competitor,

    dan pembeli produk/jasa (konsumen, end-user). Dalam arti sempit, pelanggan merupakan pembeli produk/jasa, tanpa memperhitungkan apakah sering, jarang atau hanya sesekali saja membeli produk/jasa kita. Ini disebut juga pelanggan riil. Pelanggan dalam pengertian ini juga disebut bagi semua orang atau pihak yang menaruh perhatian atau tertarik pada produk/jasa kita atau hanya “sekedar ingin tahu” saja. Ini disebut juga pelanggan potensial.

    Produk yang bermutu dari Sudut Pemasaran:
    Produk yang cocok, menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang dituju.

    Ciri2 Perilaku konsumen sthl membeli produk bermutu:
    terdapat keterlibatan mendalam oleh konsumen dalam
    memilih produk yang akan dibeli dan adanya perbedaan pandangan yang
    signifikan terhadap merek yang satu dengan merek yang lain. Konsumen

  3. makasih ilmunya.mau numpang info berharga dan dahsyat!!

    Alhamdulillah kini saya telah mendapatkan Rp8.043.750 hanya
    dalam waktu 6 bulan.bukan penipuan tapi benar benar bisnis
    online yang patut dicoba.terbuti..!!informasi lengkap silahkan
    klik ::

    http://tabunganfinansial.blospot.com

    Bukti kiriman oleh saudari ani rahayu melalui email yang dikirimkan ke email saya beberapa hari lalu,yang telah mendapatkan Sharing Royalti Profit,artinya Tabungan ekstra ternyata benar-benar investasi yang menjanjikan,investornya betul mendapatkan Rp8.043.750.luar biasa hanya dengan investasi Rp200.000 Tabunganekstra bisa mewujudkn impian setiap orang yang menginginkan investasi kecil dengan hasil maksimal.

    apa yang saya sampaikan ini bukanlah penipuan saya tidak akan memasukkan uang haram ke perut keluarga saya hanya dari hasil menipu..!

    terima kasih
    wahyu makassar
    081944491668

  4. Terima kasih banyak, ya.. sudah membantu saya dalam tugas-tugas kuliah. yang penting lagi adalah menambah pemahaman..
    Semoga penulis/pemberi informasi mendapatkan ganjaran yang memadai dari Allah SWT karena telah berbagi ilmu di sini. Amin.

  5. artikel bagus..
    kebetulan lagi bikin makalah tentang strategi pemasaran
    izin copas
    makasih ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: