Komunikasi Bisnis & Profesional

Keberhasilan suatu usaha, baik itu usaha individu, ataupun kelompok, baik itu sebagai kelompok kecil atau besar disebabkan oleh keberhasilan dalam bidang komunikasinya, dan tidak terkecuali pada suatu perusahaan yang mempunyai keberhasilan komunikasi tentu akan lebih sukses dibandingkan dengan perusahaan yang lemah komunikasinya. Komunikasi dalam bisnis mempunyai arti yang sangat strategis dalam rangka memenangkan bisnis itu sendiri.

Sebelum kita membicarakan lebih lanjut tentang komunikasi bisnis, kita perlu mengetahui terlebih dahulu komponem-komponem yang menjadi pendukung dari komunikasi itu sendiri, karena komunikasi akan mempunyai makna yang berarti apabila komponem-komponem dalam komunikasi terpenuhi, komponem itu sendiri antara lain:

1. Komunikasi: Pertukaran Pesan

Kalau saudara berkomunikasi, tentu akan mengalihkan/memberi dan menerima kesan-kesan. Bidang komunikasi bisnis meliputi penerimaan dan pengiriman pesan-pesan organisasi, diantara dua orang, atau sekelompok kecil masyarakat, atau dalam satu hingga beberapa bidang untuk mempengaruhi perilaku organisasi. Sehingga komunikasi terjadi baik disengaja atau tidak disengaja kalau memang komunikasi itu telah direncanakan terlebih dahulu atau tidak sengaja terjadi apabila tindakan seseorang dirasa atau diartikan ditafsirkan orang lain.

2. Dasar komunikasi

Kenapa terjadi komunikasi dalam organisasi alasannya salah satu tujuan komunikasi ialah memberikan informasi kepada klien, kolega, bawahan dan lain-lain. Komunikasi dalam bisnis bertujuan untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Tujuan yang lain adalah untuk mengevaluasai perilaku secara efektif.

3. Kemampuan berkomunikasi

* Kemampuan berkomunikasi menunjukkan keberhasilan seseorang dalam mengirim pesan-pesan secara jelas, manusiawi dan efisien.

* Kemampuan tersebut juga dimanifestasikan melalui penerimaan pesan-pesan yang dikirim secara akurat

* Kemampuan komunikasi mengacu kepada pemahaman seseorang terhadap asfek sosial, situasi komunkasi.

* Sesorang komunikator bisnis harus dapat mengadaptasikan diri, terbuka secara kompeten.

4. Komponem-komponem komunikasi

Setiap komunikator bisnis harus memahami beberapa komponem proses komunikasi seperti:

* Sumber (Komunikator bisnis) adalah pemrakarsa suatu pesan

* Penyandian (Proses apa yang disampaikan oleh komunikator melalui simbol-simbol)

Umpan balik/umpan depan, (Feedback Feedforward) seringkali melibatkan Verbal dan non verbal, feedback biasanya bedasarkan informasi yang dikirim sebelumnya, sedangkan feedforward merupakan informasi pesan-pesan yang akna dikirim selanjutnya.

* Saluran (Channel) adalah media tempat pesan-pesan disampaikan.

* Konteks: seluruh komunikasi terjadi dalam suatu konteks dari berbagai jenis

* Gangguan (Noise) Merupakan sifat yang melekat pada komunikasi gangguan mengubah dan mencampuri penerimaan pesan.

ETIKA KOMUNIKASI

Etika adalah pedoman tingkah laku dan penilaian moral. Etika komunikasi merupakan pertimbangan kebenaran atau kesalah tindakan komunikasi tertentu. Kapanpun seseorang mencari perubahan efek dalam suatu organisasi atau dalam suatu hubungan dengan orang lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: