Kesombongan Fisik

“Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan Tuhan dipuji-puji” Amsal 31:30

Kesombongan fisik berkaitan dengan keelokan tubuh seseorang. Biasanya orang menjadi sombong ketika menganggap tubuhnya sempurna dan mampu menarik perhatian orang.Jadi, tak heran kalau orang-orang yang merasa dirinya elok rupa, lalu lupa diri menganggap rendah orang lain.

Bodohnya lagi, ketika di masa mudanya merasa rupawan, lalu takut tua dan keriput.Kemudian buru-buru melakukan operasi plastik dan sebagainya. Orang-orang seperti ini mencoba melawan kodratnya sebagai manusia yang memiliki segala keterbatasan. Kesombongan mendorong dirinya untuk melakukan segala cara demi memuaskan nafsu kedagingan.

Apakah yang bisa kita banggakan dari keelokan rupa?tidak ada sama sekali, karena keelokan rupa hanya sedalam kulit belaka. Artinya, bahwa kecantikan atau kegagahan tak lebih dari permukaan kulit belaka. Jadi, tak ada yang menjamin bahwa kerupawanan tersebut berlangsung abadi. Semuanya akan serba terbatas. Ada yang rusak karena kecelakaan, ada yang harus mengalami penuaan, dan sebagainya.

Yang terpenting dalam hidup kita, bagaimana kita memuliakan Allah dalam segala keberadaan kita. Keelokan rupa hanya sedalam kulit, tetapi keelokan rohani (inner beauty) jauh lebih baik dan berguna bagi orang lain. Kehadiran kita menjadi berkat bagi orang lain, dan membangun dalam beriman. Keelokan rupa memang bukan sesuatu yang salah, tapi jika tidak diimbangi keelokan rohani, semua menjadi sis-sia

Sumber: Saat Teduh Harian Pribadi , edisi 90

3 Tanggapan

  1. Sungguh suatu rekoleksi diri yang bersahaja dan penuh kesadaran. Hidup manusia itu sangat singkat, seperti uap air akan hilang jika matahari sudah datang. Orang-orang yang bersikap sombong, bisa dikatakan orang-orang yang spriritual quotient-nya masih dangkal. Hidup ini adalah milik Yang Kuasa dimana kita ciptaanNya hanyalah setitik debu tak berarti di hadapanNya.

    Lintong Nababan:
    Saya sangat setuju lae

  2. Horas jugalah amang boru…

    mungkin lebih cocok lah aku manggil amang boru, masalahnya masih muda kali nya aku.

    Horas lah sekali lagi

    Tuhan Yesus Memberkati

  3. tapi molek itu perlu bukan???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: