Menaklukkan Pikiran

Mengapa kita sering tidak berhasil dalam mengatasi hidup ini? Padahal kita telah bertekad untuk memperbaiki setiap kesalahan kita, tetapi selalu gagal hingga kita jadi putus asa.

Sebenarnya, bila kita mau mengevaluasi diri, kegagalan disebabkan oleh pikiran kita sendiri. Pikiran adalah peperangan rohani yang terselubung, sebab sekali bekerja sanggup mengacaukan dan menggagalkan setiap rencan a baik kita.  Dan Iblis memakai strategi pikiran untuk menghancurkan kita. Sebab itu janganlah mengandalkan kekuatan, pengalaman dan pikiran kita, sebab ketiga hal itulah yang membawa kita kepada kehancuran.

Ada tiga strategi untuk menaklukkan pikiran

Pertama:Taklukkan pikiran yang berprasangka! tanpa disadari, seringkali kita berprasangka kepada orang lain, bahkan kepada Tuhan,bila  pertolongan Tuhan terlambat datang sedikit saja, kita langsung menganggap Tuhan tidak setia. Padahal belum tentu Tuhan bertindak demikian, mungkin saja Tuhan punya rencana indah buat kita. Tetapi karena pikiran sudah lebih dulu dikuasai prasangka buruk, sehingga yang timbul di pikiran kita hanya hal-hal negatif

Kedua, Taklukkan pikiran yang berkubu! mengapa timbul pikiran yang berkubu? karena adanya kebencian di hati. Ingatlah, kehidupan kekristenan adalah kehidupan yang terlepas dari kebencian, adanya trauma yang pernah menimpa diri kita, sehingga timbul pikiran yang telah dibentengi dengan kegagalan masa silamnya, dan adanya kebimbangan.

Ketiga, Taklukkan pikiran yang sombong! sebab kesombogan membawa kita pada kehidupan yang meremehkan Tuhan. Itu sebabnya Tuhan akan melawan dengan tanganNya sendiri orang yang sombong.

Kawan, selama kita hidup di dunia, tidak berarti kita harus menjalani kehidupan juga secara duniawi. Sebaliknya, kita harus mampu membawa diri pada kehidupan yang berkemenangan, tetapi dengan syarat harus mampu menaklukkan pikiran.

“Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus” 2 Korintus 10:5b)

Dikutip dari: Rajawali,Renungan Pemuda dan Remaja

9 Tanggapan

  1. Hmh… Mantafs fuang tulisan laeku ini…. pencerahannya sudah seperti Pandita… Mantafs…. he.. he.. he…

    Lintongnababan:
    holan namanggurathon na hujaha dohot nahuparsiajari i do au lae.
    he.he.he

  2. ya, menaklukan pikiran itu susah.

  3. dan menaklukan pikiran adalah hal yang tersulit

  4. Cr menaklukkan pikiran yg Ok punya to, sekaligus renungan jg:)

  5. @Viesihombing
    slmt mencoba ito. he.he.he

  6. Konon sifat manusia yang paling disukai Iblis adalah “kesombongan”.

  7. saya pengen memiliki bagian tubuh orang lain yang kelihatan sempurna. saya ingin bagian tubuhku seperti itu. saya tahu it mustahil, tapi hatiku bersikeras. tolonglah kasi solusinya laeku.

  8. @manaek
    No Body Is perfect
    Syukurilah apa yang kita miliki lae

  9. mantab..

    renungan yang memberkati..

    Jbu ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: